Senin, 16 Agustus 2010

Raymond Kopa










Raymond Kopacewski lahir di Nele, Prancis Utara, 13 Oktober 1931 dari pasangan imigran Polandia. Kariernya bermula di klub SCO Angers sebelum pindah ke Stade De Reims tahun 1951. Tahun 1956, ia dibeli Real Madrid untuk dua musim. Uniknya, selama membela Real Madrid, Kopa hampir tak pernah bermain untuk tim nasional Prancis. Maka, ketika nama Raymond Kopa masuk skuad Piala Dunia 1958, banyak kecaman mengarah ke pelatih Nicolas, Albert Batteux dan Snella. Pasti karena Kopa tak punya andil apa-apa saat tim Ayam Jantan berjuang di Pra Piala Dunia untuk lolos ke Sweden 1958.
Namun Kopa memberi bukti perannya yang sentral. Bersama Just Fontaine, Prancis mengatasi 7-3 atas Paraguay, membekap Skotlandia 2-1, mencukur Irlandia Utara 4-0, sebelum akhirnya kalah 2-5 dari Brasil. Kopa kembali tampil menyolok saat Prancis menang 6-3 atas Jerman Barat dan membawa timnya juara tiga.
Aksinya membuat Raymond Kopa menjadi Pemain Terbaik Piala Dunia 1958. Di tahun yang sama, Kopa juga menjadi pemain terbaik Eropa. Selama memakai seragam Les Bleus, Kopa bermain sebanyak 45 kali dan mencetak 18 gol.
Tahun 1959, ia dilepas Real Madrid dan kembali ke Reims dan membawa klub ini memenangi dua kali Liga Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar