Senin, 12 April 2010

Guillermo Stabile

Orang pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia adalah Guillermo Stabile. Stabile juga tampil sebagai top scorer Piala Dunia 1930 dengan 8 gol. Prestasi ini membuat klub Italia, Genoa, kepincut. Dalam debutnya di Italia, Stabile pun membuat heboh dengan membuat hattrick ke gawang Bologna yang sedang memimpin klasemen. Enam tahun memperkuat Genoa, ia pindah ke Napoli, lalu ke Red Star di Paris. Stabile ternyata pernah membela timnas Prancis dan kembali membuat sensasi saat mencetak empat gol ke gawang Austria dalam sebuah partai persahabatan.
Tak hanya sebagai pemain, Stabile juga sukses sebagai pelatih. Ia mengabdikan dirinya di Asosiasi Sepakbola Argentin (AFA) hingga akhir hayatnya.

GUILLERMO STABILE – Hidup: Buenos Aires, 17 Januari 1906-27 Desember 1966. Posisi: Penyerang. Karier Pemain: Huracan, Genoa, Napoli, Red Star Paris. Karier Pelatih: Red Star Paris, Huracan, Timnas Argentina, San Lorenzo, Estudiantes, Ferrocarril, Racing. Penampial di PD 1930: 4 main, 8 gol (vs Meksiko 3 gol, vs Cili 2 gol, vs AS 2 gol, vs Uruguay 1 gol).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar